Jumat, 19 Februari 2010

AFIRMASI POSITIF

AFIRMASI POSITIF

Hari ini saya membaca tulisan seorang sahabat tentang “konyol”, yang mengingatkan saya tentang masa SD saya. Saat saya duduk di bangku SD, biasanya tiap pagi kita memulai ritual sekolah dengan guru yang berdiri di depan kelas memeriksa kami. Jika kami tidak membawa salah satu kelengkapan sekolah, maka guru nya memerintahkan kami balik ke rumah mengambil perlengkapan itu. Sebuah hal yang waktu itu membuat kami benar-benar memeriksa perlengkapan kami dahulu sebelum berangkat sekolah.

Hari ini juga ada seorang peserta training saya, bertanya “Bagaimana cara melakukan afirmasi untuk diri kita sendiri”. Berbicara tentang afirmasi positif, terlebih dahulu kita berbicara tentang pikiran bawah sadar di mana tempat afirmasi itu disimpan. Model penyimpanannya berdasarkan nilai (value), kepercayaan, tingkah laku, dan bahasa kita. Antara pikiran sadar dan bawah sadar ada sebuah pembatas yang bertugas seperti satpam menyeleksi apa yang dimasukkan ke pikiran bawah sadar. Afirmasi positif yang kita masukkan pun harus melalui seleksi pembatas ini. Jika dianggap penting dan nyaman bagi kita maka akan segera dimasukkan.

Pembatas ini berfungsi sama seperti guru dalam cerita saya, dan informasi atau afirmasi sama seperti siswa nya. Apabila siswa nya tidak memiliki kelengkapan yang cukup maka siswa ini tidak dapat masuk. Apakah kelengkapan dari informasi atau afirmasi tersebut? Jawabannya adalah sensasi panca indera. Semakin banyak panca indera kita yang menangkap afirmasi nya maka semakin mudah masuk ke bawah sadar. Panca indera ini adalah visual, audio, kinestetik, pengecap, penciuman, ditambah self talk kita. Saat sebuah afirmasi diberikan sensasi panca indera minimal Visual, Audio, dan Kinestetik maka afirmasi ini menjadi begitu mudahnya masuk ke bawah sadar sama seperti siswa yang membawa semua perlengkapan nya maka ia begitu mudah nya masuk ke dalam kelas.

Bagaimana cara memberikan afirmasi positif ini. Jika anda memiliki sebuah afirmasi positif, yang perlu anda lakukan duduk secara relaks. Mulai melakukan pernapasan yang dalam sambil merelaks kan diri anda. Bayangkan afirmasi itu terjadi. Lihat diri anda saat afirmasi terjadi. Saat itu anda mulai bisa mendengarkan suara-suara yang ada di sana. Rasakan sensasi perasaan yang ada di sana dan pertahankan sensasi itu, lalu katakana pada diri Anda afirmasi itu. Saat anda sedang melakukan proses memasukkan afirmasi ini, anda harus menggengam ibu jari anda. Nikmati diri Anda saat afirmasi yang anda inginkan menjadi realitas di pikiran Anda. Setelah itu buka mata anda dan melakukan aksi untuk mewujudkan afirmasi anda.

Saat anda suatu hari nanti tiba-tiba merasa kurang yakin dengan afirmasi anda, maka yang perlu anda lakukan adalah menggenggam ibu jari Anda. Dengan cara seperti itu anda mudah mencharge afirmasi anda kapan dan dimana pun anda menginginkan nya.

Konsep afirmasi positif ini disarankan hanya sebuah afirmasi untuk satu proses pemberian afirmasi. Jika anda meniatkan melakukan afirmasi untuk beberapa hal, maka ulangi proses pemberian afirmasi masing-masing untuk ketiga hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat dinantikan....MAKASIIH