Jumat, 12 Februari 2010

"10 Tips Meningkatkan Energi Tubuh"


Sistem Energi adalah sistem sirkulasi yang menggabungkan sistem peredaran darah dan sistem limpatik, yang bergerak ke seluruh tubuh.

Energi sangat penting terutama bagi seseorang yang memiliki aktivitas tinggi. Dan berikut adalah "10 Tips untuk Meningkatkan Energi pada Tubuh" kita yang dapat dilakukan di rumah:

1. Lakukan Energiser.
Ketuk-ketuklah 'tapping' bagian tubuh mulai dari atas kepal, pergelangan tangan bagian dalam, lutut luar dalam serta mata kaki luar dan dalam masing-masing 7-8kali ketukan sebanyak 3 siklus.

2. Jalan Kaki
Olah tubuh yang satu ini cukup murah meriah dan efektif. Jalan kaki 10 menit tidak hanya meningkatkan energi, namun juga menumbuhkan perasaan bahagia.Walau kadang keengganan muncul karena tubuh sudah capek.

3. Tidur siang
Riset menunjukkan terlalu banyak informasi dijejalkan dan memaksa otak bekerja tanpa henti sangat efektif menguras energi. Seperti yang dikemukakan institut kesehatan mental, tidur siang 15 menit sangat ampuh mengisi ulang energi yang tersedot.

4. Relaksasi pernafasan
Lakukan dan perhatikan nafas, dengan pernafasan pada hitungan 5 – 5 – 5 atau 7 – 7 – 7 (tarik – tahan - hembuskan). Dengan cara ini sirkulasi Oksigen ke seluruh tubuh akan lancar.

5. Kurangi Stres dan Rasa Marah.
Memelihara keduanya akan membuat kelelahan fisik dan mental karena mengambil setengah dari persediaan energi tubuh. Dan akan menghasilkan hormon 'stessor' sehingga tubuh tegang.

6. Minum lebih banyak Air.
Selain oleh rasa lapar, kelelahan disebabkan pula oleh tubuh yang kekurangan air. Maka minumlah air mineral minimal 8-10 Gelas/hari dan Jus Buah minimal 1-2 Gelas/hari

7. Makan makanan Serat Tinggi.
Menyantap lebih banyak sereal, buah dan sayuran.

8. Menyantap makanan kecil (Snack) di antara waktu makan.
Disarankan untuk menyantap kombinasi makanan berprotein, sedikit lemak, dan mengandung serat. Makanan tsb dapat berupa biskuit lapis selai kacang, yogurt, atau segenggam kacang garing.

9. Gunakan Aromatherapy
Dapat berupa lotion tubuh, minyak angin, dupa, lilin dll

10. "Positive Thingking" danTersenyumlah.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangat dinantikan....MAKASIIH